jump to navigation

STAIN Purwokerto, membuka Program D III Manajemen Perbankan Syari’ah (MPS) Juli 2, 2007

Posted by darunnajah in Seputar Kampus.
trackback

Sebagai perguruan tinggi yang berkiblat dan berasaskan Islam, STAIN Purwokerto terus meningkatkan diri. Jurusan dn program studi yang di buka tidak terlepas dari landasan dasar ini. Karena itu, dengan merebaknya lembaga keuangan syariah seperti BMT (Baitul Maal wa Tamwil), Asuransi syariah, dan Danareksa Syariah mendorong STAIN memenuhi kebutuhan pasar. Merebaknya lembaga-lembaga keuangan syariah ini tidak terlepas dari upaya masyarakat untuk merealisasikan berdirinya bank syariah yang sesuai dengan ajaran islam. Setelah BMI (Bank Muamalah Indonesia) berdirinya, muncullah 3 bank umum syariah, dua satu unit usaha syariah dan 105 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) syariah yang tebesar di indonesia. Jumlah tersebut belum termasuk cabang dan usaha-usaha keuangan syariah yang lain.

Pesatnya pertumbuhan lembaga-lembaga keuangan syariah tesebut menurut tersedianya jumlah SDM yang memadai. Tidak hany secara kuantitas, tapi juga kualitas. Sebagai gambar secara kuantitas, untuk mengisi fomasi di Bank (BI) di perlukan tidak kurang dari 10000 tenaga baru (Didin Hafiduddin, 2005). Jumlah ini tentunya akan bertambah besar jika memperhitungkan kebutuhan di bank-bank umum seperti BPR Syariah, BMT, Lembaga asuransi syariah, danareksa syariah, dan pegadean syariah. Sementara itu, SDM yang memadai secara kualitas di butuhkan untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas dan manajemen di lembaga-lembaga tersebut.

Seiring meningkatnya lembaga-lembaga keuangan tersebut dan nasabah, peluang terjadinya sengketa muamalah di bidang ekonomi dan keuangan turut meningkat. Oleh karena itu, melalui amandemen UU Peradilan Agama No. 3 tahun 2006, Pemerintah telah memperluas kewenangan Peradilan Agama (PA) untuk mengadili perkara-perkara perdata (Muamalah) syariah yang meliputi : Perbankan syariah, lembaga keuangan mikro syariah, asuransi syariah, reasuransi syariah, reksa dana syariah, obligasi syariah dan surat berharga berjangka menengah syariah, sekutitas sysriah, pembiayaan syariah, pengadaian syariah, dana pensiun lembaga keuangan syariah, dan bisnis syariah. Meluasnya kewenangan PA ini membawa konsekuensi bertambahnya kebutuhan akan sumber daya manusia yang menguasai aspek-aspek hukum dari lembaga-lembaga keuangan syariah. menyadari perlunya penyediaan SDM yang kompeten di bidang menejemen dan hukum lembaga keuangan syariah, Jurusan Syariah STAIN Purwokerto berusaha mengakomodin tuntutan tersebut. Disamping itu, melihatnya sebagai peluang pasar.

Usaha yang ditempuh adalah dengan mendirikan program studi baru dan penyediaan kurikulum yang berbasis kompetensi. Untuk mencetak tenaga terampil dibidang manajemen perbankan syariah, telah didirikan program studi D III Manajemen Perbankan syariah (MPS). Sedangkan untuk mengakomodir tuntutan kompetensi baru di bidang hukum lembaga keuangan syariah, khususnya perbankkan syariah, Jurusan Syariah sedang menyusun kurikulum baru untuk program studi muamalah (Hukum Bisnis) yang lebih berorientasi pada tuntutan pada kompetensi baru.

Untuk mendukung proses pencetakan SDM yang berkualitas, jurusan syariah telah menyiapkan elemen-elemen pendukung secara memadai. Dari aspek dosen, jurusan telah memiliki 24 orang dosen tetap yang memiliki background pendidikan yang relevan dengan tugasnya. Disamping itu, tenaga-tenaga dosen ini hampir semuanya sudah S2 bahkan sebagai S3. Selain itu, jurusan syariah juga telah memiliki ruangan belajar, media belajar, laboratorium dan koleksi perpustakaan yang memadai. Untuk fasilitas laboratorium, dijurusan syariah tidak saja tersedia pengadilan mini tapi tersedia juga laboratorium perbankan syariah, akuntansi dan manajemen syariah.

Gebrakan STAIN ini lebih terfokus pada pelayanan dan pengabdian pada masyarakat. Sebagai perguruan tinggi yang memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya tenaga profesional,  STAIN terus melengkapi dan menyempurnakan pendidikan tinggi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di purwokerto, STAIN terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan pasar khususnya dalam penyediaan SDM yang berkualitas yang mampu bersaiang di pasar global.  

Komentar»

1. h teguh t - September 15, 2008

mas massa blm dikirim q mau naya soal pembayaran kuliah se semester itu berpa untuk jurusan tarbiyah tolonng ya mas kirim ke email ituenk@yahoo.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: